Pemuda dan Sosialisasi
A.
Jelaskan
secara rinci
1.
Definisi
Ilmu Sosial Dasar adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari/menelaah tentang
masalah-masalah sosial di dalam sebuah masyarakat yang diharapkan dapat
memberikan pengetahuan dasar dan pengertian umum tentang konsep-konsep yang dikembangkan
untuk mengkaji masalah manusia.
2. Tujuan
Umum mempelajari ilmu sosial ialah untuk pembentukan dan pengembangan
kepribadian serta perluasan wawasan perhatian, pengetahuan dan pemikiran
mengenai berbagai gejala yang ada dan timbul dalam lingkungannya, khuusnya
gejala yang berkenaan dengan masyarakat dengan orang lain agar daya tanggap,
presepsi dan penalaran berkenaan dengan lingkungan sosial dapat dipertajam.
3.
Tujuan
Khusus mempelajari ilmu sosial dasar yaitu:
a.
Memahami
dan menyadari adanya kenyataan-kenyataan sosial dan masalah-masalah soial yang
ada dalam masyarakat.
b.
Peka
terhadap masalah-masalah sosial dan tanggap untuk ikut serta dalam usaha-usaha
menanggulanginya.
c.
Menyadari
bahwa setiap masalah sosial yang timbul dalam masyarakat selalu bersifat
kompleks dan hanya dapat mendekatinya dan mempelajarinya secara
kritis-interdisipliner.
d.
Memahami
jalan pikiran para ahli dari bidang ilmu pengetahuan lain yang dapat
bekomunikasi dengan mereka dalam rangka penanggulangan masalah sosial yang
timbul dalam masyarakat.
4.
Ruang
Lingkup Ilmu Sosial Dasar yaitu :
a.
Berbagai
masalah kependudukan dalam hubungannya dengan pengembangan masyarakat dan
kebudayaan.
b.
Masalah
individu, keluarga dan masyarakat.
c.
Masalah
pemuda dan soialiasi.
d.
Masalah
hubungan antara Warga Negara dan Negara.
e.
Masalah
pelapisan sosial dan keamaan derajat.
f.
Masalah
masyarakat perkotaan dan masalah pedesaan.
g.
Masalah
pertentangan-pertentangan sosial dan integrasi.
h.
Pemanfaatan
ilmu pengetahuan dan teknologi bagi kemakmuran dan kesejahteraan masyarakat.
B.
Pemuda
dan Sosialisasi
Sosialisasi melalui media massa. Media
massa terdiri dari media cetak dan media elektronik. Media cetak antara lain
koran, majalah, dan tabloid. Sedangkan media elektronik antara lain radio,
televisi, handphone, dan internet. Media-media tersebut merupakan alat
komunikasi yang dapat menjangkau masyarakat secara luas.
Media massa diidentifikasikan sebagai agen
sosialisasi yang berpengaruh terhadap perilaku masyarakat. Pesan-pesan yang
ditayangkan melalui televisi dapat mengarahkan masyarakat ke arah perilaku
proposional (sesuai dengan norma-norma masyarakat) atau perilaku antisosial
(bertentangan dengan norma-norma masyarakat). Penayangan mengenai berita perang
dan penayangan film yang menonjolkan kekerasan secara berkesinambungan dianggap
sebagai suatu faktor yang mendorong perilaku agresif pada anak-anak yang
melihatnya. Demikian halnya dengan penayangan adegan-adegan tidak sepantasnya
di layar televisi sering dikaitkan dengan perubahan moral serta peningkatan
pelangaran susila dalam masyarakat.
Penayangan iklan-iklan melalui televisi juga
mempunyai potensi untuk mengubah pola konsumsi atau gaya hidup masyarakat.
Selain itu media massa juga dimanfaatkan untuk menayangkan siaran-siaran
pendidikan serta digunakan pula untuk memengaruhi dan membentuk opini publik.
Oleh karena itu media massa memilik
pengaruh yang sangat besar terhadap perkembangan emosi masyarakat, maka
penayangannya harus disesuaikan dengan kepribadian berdasarkan kualitas dan
frekuensi pesan yang disampaikan.
Menurut pendapat saya, sebaiknya kita sebagai pemuda Indonesia harus lebih bisa menyikapi tentang apa yang terjadi disekitar kita terutama mengenai sosialisasi di lingkungan masyarakat, karena di jaman secanggih seperti sekarang ini banyak remaja dan anak-anak menggunakan teknologi hanya untuk melihat-lihat yang tidak begitu sepatutnya dilihat dan itu harus lebih diperhatikan. Selain orang tua mereka kita juga berkewajiban untuk mengingatkan demi kelangsungan generasi pemuda Indonesia selanjutnya.
Menurut pendapat saya, sebaiknya kita sebagai pemuda Indonesia harus lebih bisa menyikapi tentang apa yang terjadi disekitar kita terutama mengenai sosialisasi di lingkungan masyarakat, karena di jaman secanggih seperti sekarang ini banyak remaja dan anak-anak menggunakan teknologi hanya untuk melihat-lihat yang tidak begitu sepatutnya dilihat dan itu harus lebih diperhatikan. Selain orang tua mereka kita juga berkewajiban untuk mengingatkan demi kelangsungan generasi pemuda Indonesia selanjutnya.
Sumber
: Harwantiyoko dan Neltje F Katuuk (Ilmu Sosial Dasar)
Viva
Pakarindo (Sosilogi)
http://elearning.gunadarma.ac.id/docmodul/mkdu_isd/bab1-ilmu_sosial_dasar_sebagai_salah_satu_mata_kuliah_umum.pdf
Komentar
Posting Komentar